RP, 4,7 MILIAR KREDIT MACET KUPEM PROVINSI JAMBI BELUM DIKEMBALIKAN
13 2016

Jambi. Sekitar Rp 4,7 miliar  dana kredit macet dari Kredit Usaha Penguatan Ekonomi Masyarakat (KUPEM) Provinsi Jambi hingga saat ini belum dikembalikan. 

” Dari total Rp17 miliar rupiah kredit macet KUPEM, yang sudah dikembalikan  sekitar Rp 13an miliar rupiah,” kata Kepala Biro Administrasi Perekonomian dan Sumber Daya Alam (SDA) Pemprov Jambi, Masherudin Wahab .

Penyaluran KUPEM dilakukan menggunakan dua pola yaitu  penyaluran yang dijamin oleh pemerintah daerah, dalam hal ini Pemprov Jambi, dan yang disalurkan Perbankan. “Kalau yang dilakukan Perbankan  tidak ada masalah, namun masalah muncul untuk penyaluran yang dijamin Pemprov, sehingga muncul kredit macet,” imbuh Masherudin.
 

Terhadap kredit yang masih macet tersebut, Pemprov Jambi akan terus melakukan penagihan maupun melakukan pemetaan untuk mengetahui faktor yang menyebabkan kredit yang disalurkan macet.

“Selama ini krdit macet KUPEM setiap tahun selalu menjadi temuan BPK dalam beberapa tahun terakhir,” ungkap Masherudin.  Ditargetkan , tahun ini penagihan kredit yang masih macet akan dapat diselesaikan.